BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Seperti
yang kita ketahui bahwa buku pelajaran atau buku teks sosiologi bermacam ragam
dari berbagai pengarang. latar belakang penulisan makalah ini bertujuan untuk
menelaah buku teks sosoiologi, untuk mengetahui bagaimana isi dari buku
tersebut, bahasa yang digunakan, apakah bahasa yang digunakan mudah dimengerti
atau tidak, relevan dan masih digunakan ( tidak ketinggalan zaman ).
Buku
teks memiliki keterkaitan dengan proses pembelajaran. Sehingga, setiap guru dan
lebih-lebih calon guru hendaknya membekali dirinya dengan pengetahuan tentang
telaah buku teks. guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya
siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat
menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam
proses pembelajaran nantinya.
Buku ajar
yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang
relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode
dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah
teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku ajar ini sudah sesuai atau
belum. Nilai
buku teks bergantung pada bobotnya, juga pada misi, dan juga fungsinya.
Buku
teks memegang peranan penting dalam pengajaran yang dapat memperlancar
aktivitas siswa dalam pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Semakin baik kualitas buku teks, maka semakin sempurna pengajaran mata
pelajaran yang ditunjang oleh buku teks tersebut. termasuk mata pelajaran Sosiologi.
Buku teks mengenai Sosiologi yang bermutu, jelas akan meningkatkan kualitas
pengajaran bahasa Indonesia dan hasil pengajaran bahasa Indonesia.
kami
dari kelompok satu akan mencoba menelaah buku teks sosiologi kelas X semester 1
karangan Kun Maryati dan Juju suryawati. tentunya penelaahan kami jauh dari
kesempurnaan dan untuk mengetahui materi-materi yang disajikan di bab
tersebut memiliki kesesuaian keilmuan, kurikulum, dan memiliki kecocokan dengan
kompetensi siswa, maka di bab selanjutnya akan dikaji lebih mendalam.
2.
Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian buku teks ?
2. Menelaah
buku teks ?
3. Bagaimana
relevansi isi buku teks yang dianalisis dengan kurikulum ?
4. Bagaimana
kejelasan konsep dari buku teks ?
5. Bagaimana
penggunaan bahasa dalam buku teks ?
6. Bagaimana
kesesuaian ilustrasi yang digunakan dengan materi ?
3.
Tujuan
Masalah
1. Untuk
mengetahui pengertian buku teks
2. Untuk
mengetahui hasil dari menelaah buku
3. Untuk
mengetahui relevansi isi buku teks dengan kurikulum
4. Untuk
mengetahui kejelasan konsep dari buku teks
5. Untuk
mengetahui aspek kebahasaan dalam buku teks
6. Untuk
mengetahui ilustrasi dari buku teks
4.
Manfaat
Penulisan
Manfaat
dari penulisan makalah ini yaitu penulis dapat menelaah isi dari suatu buku
teks, dan tahu isi materi buku tersebut, serta dapat menambah pengetahuan dan
wawasan bagi penulis, selain itu penulis dapat berbagi informasi kepada pembaca
mengenai buku teks yang ditelaah.
5.
Metode
Penulisan
Telaah
literatur
6.
Sistematik
BAB
I PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
2. Rumusan
Masalah
3. Tujuan
Penulisan
4. Manfaat
Penulisan
5. Metode
Penulisan
6. Sistematik
BAB II GAMBARAN UMUM
ISI BUKU
1. Identitas
Buku
2. Penulis
Buku
3. Sistematika
Isi Buku
4. Halaman
BAB III PEMBAHASAN
1. Pengertian
Buku Teks
2. Telaah
Buku Teks
3. Aspek
Isi
1. Relevansi
Dengan Kurikulum
2. Kejelasan
Konsep
3. Kebahasaan
4. Ilustrasi
BAB IV PENUTUP
1. Simpulan
2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB
II
GAMBARAN
UMUM ISI BUKU
1.
Identitas
Buku
Sosiologi untuk SMA dan
MA Kelas X KTSP Standar Isi 2006
2.
Penulisan
Buku
Dra. Kur Maryati dan
Juju Suryawati, S.Pd.
3.
Sistematika
Isi Buku
BAB
1 SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU TENTANG MASYARAKAT
A. Hakikat
Sosiologi
B. Sosiologi
sebagai Ilmu Pengetahuan
C. Sejarah
Perkembangan Sosiologi
D. Kedudukan
Sosiologi di Antara Ilmu-Ilmu Lain
E. Kegunaan
Sosiologi dalam Masyarakat
F.
Realitas
Sosial
Kata
Kunci
Rangkuman
Evaluasi
BAB 2 NILAI DAN NORMA
SOSIAL
A. Nilai
Sosial
B. Macam-Macam
Nilai Sosial
C. Norma
Sosial
D.
Tingkatan
dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat
Kata
Kunci
Rangkuman
Evaluasi
BAB 3 INTERAKSI SOSIAL
A. Hakikat
Interaksi Sosial
B. Faktor-Faktor
Pendorong Interaksi Sosial
C. Status,
Peran, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
D.
Bentuk-Bentuk
Interaksi Sosial
Kata
Kunci
Rangkuman
Evaluasi
4.
Halaman
Buku ini berisi 166
halaman
BAB
III
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikut ini
beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia.
Secara definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di
sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program
pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Buku teks adalah rekaman pikiran rasional
yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest,
1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat
terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange,
1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan
cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu
dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”.
(Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di
sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program
pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 :
1523).
Dari beberapa definisi tersebut, disimpulkan bahwa buku teks adalah buku
pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang
disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan
intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi
dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi
sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.
2.
Telaah
Buku Teks
Membaca definisi-definisi yang diungkapkan para ahli,
terlihat sekali pentingnya menelaah buku teks untuk menganalisis kempetensi,
relevansi dan sesuai atau tidaknya buku teks tersebut dengan silabus, dan guna
mengevaluasi untuk buku teks mendatang.
Dimana
seperti kita ketahui buku teks yang baik harus meiliki kriteria seperti kejelasan
konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi,
menstimuli aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, menunjang mata pelajaran
lain, menghargai perbedaan individu.
Berdasrkan
kriteria – kriteria tersebut kelompok kami menelaah buku sosiologi kelas X
semester 1 yang berisi 3 bab, dengan menelaah tentang kejelasan konsep, relevan
dengan kurikulum, kebahasaan dan ilustrasinya.
3.
Aspek
Isi
1. Relevansi
dengan kurikulum
Penulisan
buku teks tidak lepas dari kurikulum karena penulisan buku teks memang mengacu
pada kurikulum.
kami mencoba
menelaah tentang kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
terdapat di dalam buku sosiologi kelas X semester 1 dan kurikulum. Namun,
di dalam buku teks tidak ada rincian pasti mengenai apa yang menjadi standar
kompetensi atau apa yang menjadi kompetensi dasar. Semuanya sudah dituliskan
menjadi sub-sub materi. Sehingga, pada penjelasan selanjutnya yaitu
membandingkan buku teks dan kurikulum, buku teks tidak memiliki rincian secara
mendetail. pada buku teks ini penulis mencantumkan standar kempetensi dan
kompetensi dasar yang sesuai dengan kurikulum, dan penulis juga mencantumkan
tujuan dari pembelajaran dari setiap bab.
2. Kejelasan
konsep
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konsep
adalah rancangan, ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret.
Melihat dua penjelasan tersebut, maka konsep-konsep yang terdapat didalam buku
teks memang harus jelas.
Menurut pandangan kelompok kami, konsep dalam buku
teks sosiologi cukup jelas dimana dalam bab – bab tertentu terdapat kata dan
data yang jelas seperti contoh pada halaman 2 bab 1 penulis menjelaskan “anda sekarang barada di kelas X SMA atau MA.
Di kelas ini, anda bertemu dengan mata pelajaran sosiologi. Apa itu sosiologi,
dan apa manfaat mempelajarinya?
Untuk
menjawab pertanyaan tersebut, pada awal pelajaran ini mari kita berkenalan
dengan sosiologi. Sosiologi merupakan bagian dari ilmu sosial yang mempelajari
hubungan manusia dalam masyarakat. misalny, hubungan antarindividu dalam
kelompok, hubungan antar individu dan kelompok, hubungan kelompok dan
masyarakat, dan sebagainya.
Bab ini
secara khusus akan membahas gambaran sosiologi secara umum. anda akan mempelajari
pengertian sosiologi, objek dan tujuan sosiologi, sejarah perkembangannya, dan
manfaatnya bagi masyarakat.”
Dalam buku ini juga disertai dengan skema uraian
pembahasan dan terdapat banyak kolom yang menarik untuk diperhatikan seperti
pada halaman 11 bab 1 diberi kolom tersendiri yang kata – kata yang sangat
penting dalam materi tersebut.
Dalam hal ini kelompok kami dapat menyimpulkan bahwa
penulis memberikan konsep yang jelas pada setiap bab.
3. Kebahasaan
Menurut kami bahasa yang digunakan oleh penulis dalam
buku Sosiologi kelas X sudah cukup baik dengan adanya kalimat - kalimat yang
mudah dimengerti. Dan penulis pun menggunakan bahasa yang sopan dan mudah
dicerna, dilengkapi dengan kalimat pertanyaan yang membuat siswa menjadi
penasaran sehingga siswa menarik untuk membaca materi dalam buku tersebut, dan
penyampaiannya menarik. Namun dari segi penulisan materi buku ini terkesan
kurang rapi.
4. Ilustrasi
Menurut KBBI ilustrasi adalah gambar (foto, lukisan)
untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dsb; gambar, desain, atau
diagram untuk penghias (halaman sampul dsb); (penjelasan) tambahan berupa
contoh, bandingan, dsb untuk lebih memperjelas paparan (tulisan, dsb).
Walaupun sifatnya hanya berupa tambahan, llustrasi
mempunyai peranan cukup penting di dalam buku teks. Seseorang tertarik membaca
bisa saja dikarenakan gambar-gambar atau ilustrasi yang ada di dalam buku
tersebut. Siswa menjadi lebih tertarik membaca dan termotivasi untu mengikuti
intruksi-intruksi di dalam buku. Hal ini bisa dikaitkan dengan karakter buku
teks yang baik lainnya yaitu menarik minat dan menumbuhkan motivasi.
Menurut kami ilutrasi yang diberikan dalam buku teks
sosiologi yang kami telaah sudah cukup baik seperti contoh pada halaman 10
tentang masyarakat mempengaruhi dan membentuk prilaku manusia, disini penulis
memberikan gambar yang sesuai dengan materi yang dijelaskan dan relevan dalam
kehidupan kita sehari – hari. Dibawah gambar diberi penjelasan sehingga siswa
mengerti akan maksud gambar tersebut, namun kekurangannya tidak semua materi
dibei gambar, jadi ilustrasi ini kurang merata.
BAB IV
PENUTUP
1.
Simpulan
Menurut
kelompok kami secara keseluruhan buku teks sosiologi kelas X karangan Kun
Maryati dan Juju Suryati cukup baik dimana aspek isi dari buku ini sudah
memenuhi standar buku teks yang baik. dari segi kurikulum dan relevansi buku
ini sudah sesuai, dan penulis juga mencantumkan standar kompetensi dan
kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran dibuku tersebut.
Dari
segi kejelasan konsep buku ini sudah memberikan konsep yang jelas, kebahsaannya
buku ini tidak berbelit – belit sehingga mudah dicerna siswa, terdapat juga
ilustrasi kolom penjelas di berbagai halaman.
Namun
kekurangan buku ini terdapat pada penulisan, dimana penulisan buku tersebut tidak
rapi , dan dan tidak semua materi diberi ilustrasi.
2.
Saran
Saran
kami yaitu agar penulis lebih memperhatikan kerapian dalam buku teks agak enak
dibaca, ilustrasi diperlengkap agar memberikan kejelasan pada materi yang
bersangkutan
DAFTAR
PUSTAKA
Maryati
Kun dan Juju Suryawati.2007.Sosiologi.Jakarta:PT
Gelora Aksara Pratama
terima kasih, sangat bermanfaat
BalasHapus