Senin, 23 April 2012

makalah menelaah buku teks sosiologi


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bahwa buku pelajaran atau buku teks sosiologi bermacam ragam dari berbagai pengarang. latar belakang penulisan makalah ini bertujuan untuk menelaah buku teks sosoiologi, untuk mengetahui bagaimana isi dari buku tersebut, bahasa yang digunakan, apakah bahasa yang digunakan mudah dimengerti atau tidak, relevan dan masih digunakan ( tidak ketinggalan zaman ).
Buku teks memiliki keterkaitan dengan proses pembelajaran. Sehingga, setiap guru dan lebih-lebih calon guru hendaknya membekali dirinya dengan pengetahuan tentang telaah buku teks. guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya.
Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku ajar ini sudah sesuai atau belum. Nilai buku teks bergantung pada bobotnya, juga pada misi, dan juga fungsinya.
Buku teks memegang peranan penting dalam pengajaran yang dapat memperlancar aktivitas siswa dalam pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Semakin baik kualitas buku teks, maka semakin sempurna pengajaran mata pelajaran yang ditunjang oleh buku teks tersebut. termasuk mata pelajaran Sosiologi. Buku teks mengenai Sosiologi yang bermutu, jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Indonesia dan hasil pengajaran bahasa Indonesia.
kami dari kelompok satu akan mencoba menelaah buku teks sosiologi kelas X semester 1 karangan Kun Maryati dan Juju suryawati. tentunya penelaahan kami jauh dari kesempurnaan dan untuk mengetahui materi-materi yang disajikan di bab tersebut memiliki kesesuaian keilmuan, kurikulum, dan memiliki kecocokan dengan kompetensi siswa, maka di bab selanjutnya akan dikaji lebih mendalam.
2.      Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian buku teks ?
2.      Menelaah buku teks ?
3.      Bagaimana relevansi isi buku teks yang dianalisis dengan kurikulum ?
4.      Bagaimana kejelasan konsep dari buku teks ?
5.      Bagaimana penggunaan bahasa dalam buku teks ?
6.      Bagaimana kesesuaian ilustrasi yang digunakan dengan materi ?
3.      Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui pengertian buku teks
2.      Untuk mengetahui hasil dari menelaah buku
3.      Untuk mengetahui relevansi isi buku teks dengan kurikulum
4.      Untuk mengetahui kejelasan konsep dari buku teks
5.      Untuk mengetahui aspek kebahasaan dalam buku teks
6.      Untuk mengetahui ilustrasi dari buku teks
4.      Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu penulis dapat menelaah isi dari suatu buku teks, dan tahu isi materi buku tersebut, serta dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis, selain itu penulis dapat berbagi informasi kepada pembaca mengenai buku teks yang ditelaah.

5.      Metode Penulisan
Telaah literatur

6.      Sistematik
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
3.      Tujuan Penulisan
4.      Manfaat Penulisan
5.      Metode Penulisan
6.      Sistematik
BAB II GAMBARAN UMUM ISI BUKU
1.      Identitas Buku
2.      Penulis Buku
3.      Sistematika Isi Buku
4.      Halaman
BAB III PEMBAHASAN
1.      Pengertian Buku Teks
2.      Telaah Buku Teks
3.      Aspek Isi
1.      Relevansi Dengan Kurikulum
2.      Kejelasan Konsep
3.      Kebahasaan
4.      Ilustrasi
BAB IV PENUTUP
1.      Simpulan
2.      Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB II
GAMBARAN UMUM ISI BUKU
1.      Identitas Buku
Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas X KTSP Standar Isi 2006
2.      Penulisan Buku
Dra. Kur Maryati dan Juju Suryawati, S.Pd.
3.      Sistematika Isi Buku
BAB 1 SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU TENTANG MASYARAKAT
A.    Hakikat Sosiologi
B.     Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan
C.     Sejarah Perkembangan Sosiologi
D.    Kedudukan Sosiologi di Antara Ilmu-Ilmu Lain
E.     Kegunaan Sosiologi dalam Masyarakat
F.      Realitas Sosial
Kata Kunci
Rangkuman
Evaluasi
BAB 2 NILAI DAN NORMA SOSIAL
A.    Nilai Sosial
B.     Macam-Macam Nilai Sosial
C.     Norma Sosial
D.    Tingkatan dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat
Kata Kunci
Rangkuman
Evaluasi
BAB 3 INTERAKSI SOSIAL
A.    Hakikat Interaksi Sosial
B.     Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
C.     Status, Peran, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
D.    Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
Kata Kunci
Rangkuman
Evaluasi
4.      Halaman
Buku ini berisi 166 halaman



BAB III
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikut ini beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia.
Secara definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523).
Dari beberapa definisi tersebut, disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

2.      Telaah Buku Teks
Membaca definisi-definisi yang diungkapkan para ahli, terlihat sekali pentingnya menelaah buku teks untuk menganalisis kempetensi, relevansi dan sesuai atau tidaknya buku teks tersebut dengan silabus, dan guna mengevaluasi untuk buku teks mendatang.
Dimana seperti kita ketahui buku teks yang baik harus meiliki kriteria seperti kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimuli aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu.
Berdasrkan kriteria – kriteria tersebut kelompok kami menelaah buku sosiologi kelas X semester 1 yang berisi 3 bab, dengan menelaah tentang kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, kebahasaan dan ilustrasinya.
3.      Aspek Isi
1.      Relevansi dengan kurikulum
Penulisan buku teks tidak lepas dari kurikulum karena penulisan buku teks memang mengacu pada kurikulum.
kami mencoba menelaah tentang kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat di dalam buku sosiologi kelas X semester 1 dan kurikulum.  Namun, di dalam buku teks tidak ada rincian pasti mengenai apa yang menjadi standar kompetensi atau apa yang menjadi kompetensi dasar. Semuanya sudah dituliskan menjadi sub-sub materi. Sehingga, pada penjelasan selanjutnya yaitu membandingkan buku teks dan kurikulum, buku teks tidak memiliki rincian secara mendetail. pada buku teks ini penulis mencantumkan standar kempetensi dan kompetensi dasar yang sesuai dengan kurikulum, dan penulis juga mencantumkan tujuan dari pembelajaran dari setiap bab.
2.      Kejelasan konsep
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konsep adalah rancangan, ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret. Melihat dua penjelasan tersebut, maka konsep-konsep yang terdapat didalam buku teks memang harus jelas.
Menurut pandangan kelompok kami, konsep dalam buku teks sosiologi cukup jelas dimana dalam bab – bab tertentu terdapat kata dan data yang jelas seperti contoh pada halaman 2 bab 1 penulis menjelaskan “anda sekarang barada di kelas X SMA atau MA. Di kelas ini, anda bertemu dengan mata pelajaran sosiologi. Apa itu sosiologi, dan apa manfaat mempelajarinya?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada awal pelajaran ini mari kita berkenalan dengan sosiologi. Sosiologi merupakan bagian dari ilmu sosial yang mempelajari hubungan manusia dalam masyarakat. misalny, hubungan antarindividu dalam kelompok, hubungan antar individu dan kelompok, hubungan kelompok dan masyarakat, dan sebagainya.
Bab ini secara khusus akan membahas gambaran sosiologi secara umum. anda akan mempelajari pengertian sosiologi, objek dan tujuan sosiologi, sejarah perkembangannya, dan manfaatnya bagi masyarakat.”
Dalam buku ini juga disertai dengan skema uraian pembahasan dan terdapat banyak kolom yang menarik untuk diperhatikan seperti pada halaman 11 bab 1 diberi kolom tersendiri yang kata – kata yang sangat penting dalam materi tersebut.
Dalam hal ini kelompok kami dapat menyimpulkan bahwa penulis memberikan konsep yang jelas pada setiap bab.

3.      Kebahasaan
Menurut kami bahasa yang digunakan oleh penulis dalam buku Sosiologi kelas X sudah cukup baik dengan adanya kalimat - kalimat yang mudah dimengerti. Dan penulis pun menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dicerna, dilengkapi dengan kalimat pertanyaan yang membuat siswa menjadi penasaran sehingga siswa menarik untuk membaca materi dalam buku tersebut, dan penyampaiannya menarik. Namun dari segi penulisan materi buku ini terkesan kurang rapi.

4.      Ilustrasi
Menurut KBBI ilustrasi adalah gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dsb; gambar, desain, atau diagram untuk penghias (halaman sampul dsb); (penjelasan) tambahan berupa contoh, bandingan, dsb untuk lebih memperjelas paparan (tulisan, dsb).
Walaupun sifatnya hanya berupa tambahan, llustrasi mempunyai peranan cukup penting di dalam buku teks. Seseorang tertarik membaca bisa saja dikarenakan gambar-gambar atau ilustrasi yang ada di dalam buku tersebut. Siswa menjadi lebih tertarik membaca dan termotivasi untu mengikuti intruksi-intruksi di dalam buku. Hal ini bisa dikaitkan dengan karakter buku teks yang baik lainnya yaitu menarik minat dan menumbuhkan motivasi.
Menurut kami ilutrasi yang diberikan dalam buku teks sosiologi yang kami telaah sudah cukup baik seperti contoh pada halaman 10 tentang masyarakat mempengaruhi dan membentuk prilaku manusia, disini penulis memberikan gambar yang sesuai dengan materi yang dijelaskan dan relevan dalam kehidupan kita sehari – hari. Dibawah gambar diberi penjelasan sehingga siswa mengerti akan maksud gambar tersebut, namun kekurangannya tidak semua materi dibei gambar, jadi ilustrasi ini kurang merata.



BAB IV
PENUTUP
1.      Simpulan
Menurut kelompok kami secara keseluruhan buku teks sosiologi kelas X karangan Kun Maryati dan Juju Suryati cukup baik dimana aspek isi dari buku ini sudah memenuhi standar buku teks yang baik. dari segi kurikulum dan relevansi buku ini sudah sesuai, dan penulis juga mencantumkan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran dibuku tersebut.
Dari segi kejelasan konsep buku ini sudah memberikan konsep yang jelas, kebahsaannya buku ini tidak berbelit – belit sehingga mudah dicerna siswa, terdapat juga ilustrasi kolom penjelas di berbagai halaman.
Namun kekurangan buku ini terdapat pada penulisan, dimana penulisan buku tersebut tidak rapi , dan dan tidak semua materi diberi ilustrasi.

2.      Saran
Saran kami yaitu agar penulis lebih memperhatikan kerapian dalam buku teks agak enak dibaca, ilustrasi diperlengkap agar memberikan kejelasan pada materi yang bersangkutan



DAFTAR PUSTAKA

Maryati Kun dan Juju Suryawati.2007.Sosiologi.Jakarta:PT Gelora Aksara Pratama

1 komentar: